Tahap Mengglasir


Tahap pertama adalah mencampur bahan-bahan glasir berdasarkan resep glasir yang ada. Komposisi glasir sering dinyatakan dalam resep dan formula. Resep glasir adalah komposisi dimana kita tinggal mencampur bahan-bahan tersebut berdasarkan persentase massa/berat. Bila komposisi glasir dinyatakan dalam formula, maka kita harus mengubah formula tersebut ke resep glasir. Ini memerlukan pengetahuan hitung glasir. Peralatan utama yang dipakai adalah timbangan yang tepat.


Setelah campuran didapatkan langkah selanjutnya adalah menggiling dalam keadaan basah menggunakan jarmill. Ini dimaksudkan agar bahan-bahan yang masih kasar menjadi halus. Air yang ditambahkan antara 0,8 – 1,5 bagian dari padatan.


Setelah penggilingan selesai, maka dilakukan penyaringan glasir menggunakn ukuran mesh 100-120. Tujuannya adalah untuk memperolah butiran glasir halus yang terpisah dari butiran kasar yang mungkin masih ada.


Yang terakhir adalah melapiskan glasir tersebut ke benda keramik dengan teknik semprot, teknik celup, atau kuas; tergantung jenis bendanya. Untuk benda-benda besar/lebar lebih baik menggunakan teknik semprot; sedangkan untuk benda-benda kecil/sedang berongga seperti cangkir mangkok akan lebih baik glasirnya bila menggunakn teknik celup.